Kilas balik kesuksesan Apple iPhone

Bookmark and Share

Kilas balik kesuksesan Apple iPhone

Kilas balik kesuksesan Apple iPhone -
Steve Jobs memulai mengembangkan perangkat yang dinamakan iPhone ini mulai tahun 2005. Namun, Apple mengumumkannya kepada publik untuk pertama kali pada tanggal 9 Januari 2007 dan dirilis secara resmi pada tanggal 29 Juni di tahun yang sama. 

Penciptaan Apple iPhone ini juga membawa masalah bagi Apple karena perusahaan asal 
Korea Selatan Samsung mengklaim bahwa Apple sengaja melanggar hak cipta salah satu produk mereka. Tentu saja, Apple dengan lantang mengatakan bahwa mereka memiliki ide dan desain sendiri untuk perangkat handsetnya tersebut.

Selain berfungsi untuk melakukan panggilan atau memiliki fungsi-fungsi seperti halnya handsetlainnya, iPhone juga memiliki fungsi sebagai kamera, pemutar file multimedia, dan dapat terhubung dengan internet. Layarnya yang menggunakan teknologi touchscreen membawa tampilan iPhone semakin cantik.

Menurut Mashable.com, sejak diciptakan sampai sekarang, Apple memperoleh keuntungan bersih sebesar 58% dari penjualan iPhone berbagai seri. Tentu saja, persentase tersebut tidak berdasarkan pada penjualan perangkat handsetnya saja, namun juga dihitung dari pendapatan aplikasi yang terdapat di iTunes App Store dan Apple App Store yang diunduh pengguna iPhone.

Dari kesuksesan iPhone ini, sebuah situs statistik bernama Statista.com membuat satu infografis perjalanan iPhone. Menurut analisa Statista, sampai mulai diluncurkan pertama kali sekarang, Apple telah berhasil menjual perangkat iPhone sebanyak 218 juta buah.
Kilas balik kesuksesan Apple iPhone 
Apabila dibandingkan dengan pendapatan Apple untuk produk lainnya seperti Mac, MacBook, dan iPod, Statista menggambarkan bahwa Apple mulai Oktober 2004 sampai dengan September 2006 mendapatkan keuntungan sebesar USD 139 miliar. Sedangkan mulai Juni 2007 sampai dengan Maret 2012, untuk iPhone saja, Apple mendapatkan keuntungan sebesar USD 143 miliar.

Sampai saat ini, dapat dibilang bisnis iPhone menjadikan suatu bisnis yang sangat menjanjikan bagi Apple. Untuk satu perangkat saja, Apple berhasil mengungguli Microsoft, Coca-Cola, dan Walt Disney. Kemungkinan kantong Apple akan semakin menggelembung ketika produk iPhone 5 mereka mulai dipasarkan beberapa bulan lagi.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }