KHASIAT DAN MANFAAT PALAWIJA

Bookmark and Share


KHASIAT PALAWIJA…..?

Seperti pada umumnya palawija berarti semua tanaman pertanian semusim yang di tanam pada musim kemarau. Menurut ahli arkeologi asal cina palawija tergolong tanaman prasejarah. Mengapa begitu? Sebab tanaman ini di golongkan dalam tanaman prasejarah karena tanaman palawija sudah ada sejak 3500 tahun yang lalu. Anggota yang menjadi bagian dari tanaman palawija di antaranya kedelai, kacang hijau, dan kacang tanah. Semua anggota tanaman palawija sungguh luar biasa selai karena manfaatnya juga karena khasiatnya.

Kedelai,
Kadang-kadang di tambah “kacang” di depan namanya, kata ibu saya. Kedelai tergolong juga dari salah satu polong-polongan yang menjadi bahan dasar tempe. “cukup direndam, direbus, dan diberi ragi kedelai bias jadi tempe”, kata Gunarto seorang produsen tempe tetangga saya. Menurut ahli teknologi pangan Indonesia, kedelai merupakan sumber gizi protein nabati utama  bagi tubuh. Serta sebagai asupan gizi yang lain seperti lesitin yang berguna melindungi sel dari oksidasi dan pelindung yang mengelilingi otak agar membrane sel tidak kaku (kejang).

Kacang Hijau,
Anggota palawija yang satu ini sangat unik karena warnanya yang berbeda dari polongan lainya yaitu hijau seperti klorofil. Kacang hijau dapat dijadikan aneka panganan kecil, bubur, sampai kolak. Kacang hijau mampu memberikan asupan nutrisi penting bagi tubuh, mengandung protein tinggi dan vitamin. “ banyak-banyaklah makan kacang hijau agar terhindar dari kemandulan”, kata ibu saya. Vitamin E yang ada dalam kacang hijau berfungsi untuk meningkatkan fertilitas (kesuburan). Itulah sebabnya pasangan yang ingin segera memiliki keturunan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kecambah.

Kacang Tanah,
Kacang tanah termasuk anggota palawija yang sangat unik sebab pemasakan buahnya berada dalam tanah. Kacang tanah ini kaya akan protein, zat besi, fitosterol, kalsium, vitamin b kompleks dan arginin. Menurut ahli Teknologi Kedokteran Brazil, kacang tanah dapat membina ketahanan tubuh serta mencegah beberapa penyakit. Mengkonsumsi 1 ons kacang tanah 5 kali seminggu dapat mencegah penyakit jantung koroner. Sedang kandungan fitosterol yang ada dalam kacang tanah dapat menurunkan kolesterol. Kandungan ariginnya berfungsi melawan bakteri tuberculosis. Selain itu juga bias untuk menurunka darah tinggi dan dapat mencegah penyakit insomnia (kurang tidur).

Tak di sangka bukan..! kecil mungil tapi mempunyai khasiat luar biasa. Polong-polongan anggota palawija yang ini memang unik, sebab ukurannya tak bisa di bandingkan dengan khasiatya. Fisik boleh beda tapi manfaat jangan di kira.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }