PENGERTIAN DEMOKRASI

Bookmark and Share

PENGERTIN DE3MOKRASI


1.Berikan alasan pengertian kembali tentang Demokrasi sesuai dengan pendapat anda dan tokoh-tokoh terkemuka?
Jawab:

a.)  menurut saya demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut dimana rakyat mendapat kedudukan penting di dalam Negara yang didasarkan adanya rakyat memegang kedaulatan. Sehingga sehingga dapat diartikan sebagai pemerintahan rakyat, atau yang lebih kita kenal sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.


b.) # Menurut Abraham Lincoln (Presiden AS ke-16)
 demokrasi adalah pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat (Democracy is government of the people, by the people and for the people).

# Plato dalam ajarannya menyatakan bahwa dalam bentuk demokrasi, kekuasan berada di tangan rakyat sehingaa kepentingan umum (kepentingan rakyat) lebih diutamakan. Secara prinsipil, rakyat diberi kebebasan dan kemerdekaan. Akan tetapi kemudian rakyat kehilangan kendali, rakyat hanya ingin memerintah dirinya sendiri dan tidak mau lagi diatur sehingga mengakibatkan keadaan menjadi kacau, yang disebut Anarki. Aristoteles sendiri mendefiniskan demokrasi sebagai penyimpangan kepentingan orang-orang sebagai wakil rakyat terhadap kepentingan umum

# Polybius, demokrasi dibentuk oleh perwalian kekuasaan dari rakyat. Pada prinsipnya konsep demokrasi yang dikemukakan oleh Polybius mirip dengan konsep ajaran Plato. Sedangkan Thomas Aquino memahami demokrasi sebagai bentuk pemerintahan oleh seluruh rakyat dimana kepentingannya ditujukan untuk diri sendiri.


# Menurut Hans Kelsen
Demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat. Yang melaksanakan kekuasaan Negara ialah wakil-wakil rakyat yang terpilih. Dimana rakyat telah yakin, bahwa segala kehendak dan kepentingannya akan diperhatikan di dalam melaksanakan kekuasaan Negara




2. Abraham Lincoln mendefinisikan demokrasi sebagai pemerintahan dari rakyat, berikan penjelasan singkatnya:
Jawab :

-Dari Rakyat : semua kebijakan atau keputusan di ambil atau di putuskan bersama-sama dengan anggota masyarakat baik perwakilan atau semua apabila memungkinkan.

-Untuk Rakyat : bahwa semua kebijakan atau keputusan yang sudah di buat bersama tersebut pada akhirnya akan kembali lagi pada rakyat dalam bentuk tindakan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }